Administrasi Sarana dan Prasarana
Pengertian Secara Etimologis (bahasa) prasarana berarti alat tidak langsung untuk
mencapai tujuan dalam pendidikan.
Sedangkan sarana berarti alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan.
Kesimpulan bahwa Administrasi
sarana dan prasarana pendidikan itu adalah semua komponen yang
sacara
langsung maupun tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan untuk
mencapai tujuan dalam pendidikan itu sendiri.
MACAM – MACAM SARANA DAN PRASARANA
- Ruangkelas
- Ruang perpustakaan
- Ruang laboratorium ( tempat praktek)
- Ruang keterampilan
- Ruang kesenian
- Fasilitas olah raga
Pemeliharaan sarana dan prasarana
untuk pemeliharaan para ahli membuat:
a. Kepala sekolah tidak terlalu menyibukkan diri secara langsung dengan urusan pelaksanaan administrasi sarana dan prasarana pengajaran.
b. Melakukan sistem pencatatan yang
tepat sehingga mudah di kerjakan.
c. Senantiasa di tinjau dari segi pelayanan untuk turut memperlancar pelaksanaan
program pengajaran.
HUBUNGAN ANTARA SARANA DAN
PRASARANA DENGAN PROGRAM PENGAJARAN
hubungannya:
- Apabila sarana dan prasarana tidak ada dalam sebuah sekolah maka pelajar hanya mengetahui teorinya saja dan tak bisa menggunakannya
- Untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan mudah
- Memudahkan guru untuk memberitahu materi tersebut
PEMELIHARAAN SARANA DAN PRASARANA
PENDIDIKAN
Pemeliharaan merupakan kegiatan penjagaan atau pencegahan dari kerusakan suatu barang, sehingga barang tersebut selalu dalam kondisi baik dan siap pakai.
Cara pemeliharaan
sarpras pendidikan
- Jangan dicoret
- Setelah dipakai disimpan
- Dipakai seperlunya
- Jangan dirusak
- Perencanaan
- Pengorganisasian
- Menggerakkan
- Memberikan arahan
- Pengkoordinasian
- Pengendalian
- Inovasi
TUJUAN ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA
1. Mewujudkan situasi dan kondisi sekolah yang
baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar
,yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
2. Menghilangkan berbagai hambatan yang
dapat menghalangi terwujudnya interaksi dalam pembelajaran
3. Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot belajar yang
mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional, dan intelektual siswa dalam proses pembelajaran
4. Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat- sifat individunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar